Pages

Ads 468x60px

Kamis, 10 Januari 2013

Iklan Kritik Sosial

1. Iklan kritik sosial






















konsep keseluruhan :
menceritakan tentang seorang warga yang rela menjaga palang pintu perlintasan kereta api di surabaya dan hanya sedikit yang memperhatikannya.
berada di pinggiran kota dan sudah lama tidak dapat di gunakan. tidak adanya juga pos untuk penjaga palang pintu.
laki-laki ini rela meluangkan waktu, bergantian dan berjaga siaga tanpa di beri upah, dia hanya mendapatkan dari beberapa orang yang melewatinya.

konsep iklan :
di sini saya akan mencoba menunjukkan situasi yang ada di sekitarnya, dengan menunjukkan gambar pos seadanya, bagaimana seorang memberi, keadaan saat laki-laki ini memberhentikan jalan saat kereta lewat dan peringatan kereta api yang sudah rusak. di harapkan gambar-gambar ini dapat mewakili bagaimana seorang yang sangat berperan, tapi cukup terabaikan.
lalu penggunaan grayscale pada foto ini berusaha menunjukkan bahwa keadaan ini cukup dramatis dan penggambaran sesuatu yang masih samar.
tagline yang saya berikan adalah "penghasilanku tak sebesar tanggungjwabku" dimana tagline ini cukup mewakili bagaimana orang ini rela tidak mendapatkan apa-apa, hanya demi kepentingan dan keselamatan bersama. karena beberapa pihak yang terkait juga kurang memperhatikan kehidupan laki-laki ini. penghasilan yang dia dapat hanya di dapat dari pemberian beberapa orang, yang biasanya hanya recehan.
pemberian ruang kosong di sebelah kanan di buat agar yang melihat iklan ini tidak jenuh dalam melihat ilustrasinya, dimana biasa di sebut whitespace, dan ketika mata memandang iklan ini juga akan mempermudah dalam pengertiannya. pemberian warna merah pada tagline akan di nilai lebih cepat menarik perhatian dan lebih perlu di perhatikan.
dimana dalam iklan ini terdapat urutan membacanya adalah dari tagline, lalu ke ilustrasi dan tulisan yang menjadi penjelas dari iklan tersebut.


segmentasi:
di lihat dari situasi sekarang, iklan ini dapat berguna untuk mengkritik beberapa pihak agar lebih memperhatikan orang yang berjasa seperti ini.

  • variabel geografi
    dalam iklan ini dapat di segmentasikan untuk perkotaan, terutama di sekitar wilayah pihak - pihak terkait.
  • Variabel demografi
    iklan ini dapat di tujukan untuk semua jenis kelamin, semua umur dan semua pendidikan (yang dapat membaca) karena iklan ini cenderung lebih menekankan agar kita perduli dengan orang orang yang berjasa di sekitar kita. untuk anak-anak, dapat di pelajari tentang bagaimana cara menghargai orang lain dan dewasa juga ikut memperhatikan nasib orang seperti ini.
  • Variabel psikologis
    iklan ini dapat di segmentasikan untuk seluruh kelas sosial, tapi terutama untuk kelas sosial atas, karena masih banyak di bawahnya yang lebih membutuhkan.



iklan ini cukup menggambarkan tentang apa yang terjadi sebenarnya, yaitu bagaimana budaya yang ada di masyarakat yang lebih mementingkan kepentingan pribadi di banding orang lain, bagaimana perhatian untuk masyarakat yang masih kurang. sampai bisa terjadi kemiskinan dan hal seperti ini.
makin banyaknya pembangunan gedung bertingkat di tengah kota tapi tidak ada perhatian untuk pembangunan palang pintu kereta api.

untuk prediksi iklan ini, saya kira akan dapat menambah pengetahuan seseorang jika masih ada orang yang bertanggung jawab besar tapi terabaikan seperti ini. masyarakat yang melihat ini akan dapat menerimanya dan dapat lebih hati-hati ketika melintasi rel kereta api.


-thx-




















0 komentar:

Posting Komentar