1. Brosur
Brosur adalah suatu media promosi yang berupa lembaran kertas dan di dalamnya banyak informasi tentang penawaran produk / jasa yang lengkap dengan alamat yang bisa di hubungi. ukuran brosur ini biasanya tidak kurang dari A4, karena brosur sifatnya selebaran dan harus mudah di simpan.
isi dari brosur sendiri harus bisa mudah di pahami dalam waktu yang singkat, kurangi elemen yang tidak penting agar brosur lebih dapat mudah di pahami tapi tetap jelas akan informasi yang di berikan. brosur ini biasa di sebarkan dari tangan ke tangan atau di letakkan di suatu tempat.
ini adalah contoh brosur suatu penyalur amal, dimana mereka juga menyertakan jadwal imsyak agar brosur ini lebih berguna dan di simpan, hal ini bisa meningkatkan daya ingat konsumen tentang usaha jasa tersebut.
2. Spanduk
Spanduk merupakan media promosi yang sering di jumpai akhir akhir ini, spanduk terbuat dari bahan kain/sejenisnya yang tahan air, pembuatannya cukup cepat dan tidak membutuhkan biaya yang banyak, selain itu spanduk juga mudah di pindahkan, di simpan dan di pakai beberapa kali.
isi spanduk harus padat dan jelas, karena biasanya spanduk di letakkan di jalan, maka tidak ada waktu yang lama untuk membacanya.
ini adalah contoh spanduk taman kanak kanak, yang memakai warna biru pada warna dasarnya. spanduk tidak menggunakan banyak gambar tapi cukup cepat di pahami dan informasinya jelas.
3. Billboard
Billboard
ini merupakan media promosi outdoor, dimana ukurannya juga di sesuaikan dengan
lebar jalan. Billboard ini efektif dalam berbagai tujuan. Biasanya bisa di
pasang dengan harga yang di tentukan dan adanya izin dari pemerintah. Keuntungan
dari billboard yaitu produk yang di
pajang akan lebih mudah di ingat oleh konsumen.
Penggunaan
element yang hanya menggunakan gambar
kaki seorang pria dengan memakai celana jeans panjang sedang melangkah.
Menurut
saya, iklan ini ingin menggambarkan tentang seorang pria yang berada di
lingkungan berhawa panas yang sedang berjalan kemanapun dengan santai tapi
selalu membawa minuman untuk kesegarannya, yaitu coca cola.
Lalu
penggunaan warna merah, yang menandakan bahwa warna ini berani, menarik
perhatian dan merupakan warna khas dari cocacola.
4. Sepeda Box
box
ini merupakan media promosi outdoor yang cukup efisien, karena tidak berada di
satu tempat saja. box akan selalu berkeleliling untuk mengantarkan
pesanan, biasanya box ini berupa mobil box / sepeda box, tergantung dengan
kebutuhan.
Element dari
desain box ini biasanya berisi alamat dan nomer telepon yang bisa di hubungi,
di buat semenarik mungkin agar orang tertarik dan mudah mencari. Pada gambar
ini, terlihat gambar sepeda box mr.cone, karena mr.cone ini adalah produksi es
krim,yang biasanya banyak di sukai anak anak, maka desainnya juga di buat
dengan warna panas dan terkesan ceria, agar orang tertarik terutama anak anak.
5. Branding Tembok
Branding tembok / melukis tembok adalah salah satu media
yang di gunakan untuk mempromosikan suatu produk / jasa. fenomena iklan tembok
semacam ini mungkin tidak asing lagi bagi kita, setiap hari sering kita lihat
di beberapa tembok (bangunan) terutama bangunan yang letaknya strategis,
berhiaskan gambar atau tulisan produk-produk tertentu, sebut saja produk
provider telepon selular.
Media ini adalah media yang menguntungkan bagi kedua pihak,
karena selain keuntungan rupiah, pemilik tembok juga akan mendapatkan promosi
promosi dari provider selular.
Di sini adalah contoh branding tembok flexi di daerah
juanda, daerah ini strategis dan banyak menjadi sasaran provider lain. Provider
ini berusaha menghias banyak tembok dengan berbagai promosi produk mereka.
6. Neon Box
Neon box
adalah bagian dari media promosi outdoor yang berbentuk box dan di terangi
dengan lampu neon yang berasal dari dalam box itu sendiri. Neon box ini di
letakkan di depan suatu usaha, dengan berbagai ukuran sesuai dengan
kebutuhannya. neon box ini lebih awet dan lebih menegaskan keberadaan suatu usaha.
Ini adalah
gambar neon box pada sebuah counter di daerah tropodo, sidoarjo. Yang bernama
EL-SHAFA. Counter ini di sponsori oleh suatu merek handphone yaitu cross. Neon
box ini tidak memberikan banyak informasi tentang counter tersebut, tetapi
lebih menekankan kepada merk cross yang mensponsori.
7. Televisi
Televisi merupakan media yang bersifat audio
visual, karena hanya lewat televisi ini kita dapat membuat visual juga audio
untuk di gabungkan dan menjadi suatu informasi / hal yang menarik. Kelebihan dari
televisi ini mudah di pahami dan dapat di tonton oleh banyak kalangan, tidak
perlu keluar rumah untuk mendapatkan suatu informasi. meskipun pemasangan iklan
pada televisi akan lebih mahal daripada iklan di majalah/radio. Pemanfaatan siaran televisi bukan saja sebagai media penerangan,hiburan dan promosi,tetapi juga
dimanfaatkan sebagai media pendidikan, Dimana media ini akan
lebih cepat sampai di masyarakat.
Contoh ini adalah iklan Negara
untuk pendaftaran calon TNI, PERWIRA, dan lain lainnya pada tahun 2012.
0 komentar:
Posting Komentar